Skala Suhu dan Rumus Konversinya





Materi Belajar Suhu Kelas 7 SMP


Best Water Temperature When Brewing with Aeropress
Pembahasan suhu dan kalor akan kita bahas secara detail dalam isi konten berikut. Pernahkah kalian terkena sengatan api? Lalu bagaimana rasanya? Tentu jari kalian akan terasa panas ya. Nah, panas disini merupakan salah satu ukuran dari suhu suatu benda selain dingin. Benda bersuhu dingin akan memiliki suhu rendah, sedangkan benda bersuhu panas akan memiliki suhu yang tinggi. Suhu rendah atupun dingin ini dapat menunjukkan angka yang dapat diukur menggunakan suatu alat pengukur suhu. Alat pengukur suhu yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya adalah termometer. Termasuk alat untuk mengukur suhu tubuh ketika kamu sedang demam tinggi, orang tuamu bisa mengetahui seberapa tinggi suhu badanmu dengan menggunakan alat yang disebut termometer ini. Yuk simak materi suhu dan kalor kelas 7 SMP.

Definisi tentang suhu

Hasil gambar untuk SUHU
Suhu diartikan sebagai suatu besaran untuk menyatakan ukuran derajat panas ataupun dingin suatu benda. Supaya lebih paham tentang suhu, sebagai contohnya ketika kalian mandi dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat dihasilkan dengan mencampurkan air dingin dengan air panas. Ketika tanganmu menyentuh air dingin, maka kamu akan mengatakan bahwa suhu air tersebut dingin, dan ketika tanganmu menyentuh air panas, maka kamu akan mengatakan bahwa suhu air tersebut panas. Nah, ukuran derajat panas dan dingin dari suatu benda dapat dinyatakan dengan besaran suhu. Suhu termasuk dalam besaran pokok dan alat yang digunakan untuk mengukur besarnya suhu suatu benda adalah termometer. Termometer biasanya menggunakan zat cair yang dinamakan raksa atau alkohol sebagai pengisi pipa kapilernya.

Alat pengukur suhu

Hasil gambar untuk ALAT PENGUKUR SUHU
Untuk mengetahui suhu panas atau dingin suatu benda tentu harus menggunakan suatu alat bantu. Ada beberapa alat yang digunakan untuk mengukur suatu benda, antara lain adalah:
  • Mengukur suhu dengan salah satu bagian tubuh manusia
Bagian tubuh kita yang dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda salah satunya adalah telapak tangan atau jari. Misalnya untuk mengetahui air di dalam gelas itu panas atau dingin kita bisa menggunakan tangan untuk menyentuhnya. Dengan begitu kamu akan mengetahui apakah air dalam gelas itu panas, dingan, atau bahkan hangat.
  • Mengukur suhu dengan termometer
Pengukuran suhu menggunakan tangan memang tidak memberikan hasil yang akurat dan tidak berstandar. Maka dari itu diciptakanlah alat yang digunakan untuk mengukur suatu suhu, yang biasa disebut termometer. Termometer dibuat pada tahun 1564 – 1642 oleh Galileo Galilei.

Macam-macam skala dan satuan suhu


Ketika kamu mengukur suatu suhu benda tentu kamu akan mendapati angka yang menunjukkan titik suhu dari benda tersebut. Titik suhu tersebut tentunya dinyatakan dalam satuan suhu. Secara umum ada empat macam satuan atau skala suhu yaitu celcius (C), reamure (R), fahrenheit (F), dan kelvin (K). Lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut.
  • Skala fahrenheit, secara modern didefinisikan sebagai skala dengan temperatur es melebur sebagai 32 dan derajat temperatur air mendidih ditetapkan sebagai 212 derajat.
  • Skala celcius, termometer celcius titik tetap atas adalah suhu air sedang mendidih sebagai 1000⁰C dan titik tetap bawah adalah suhu es sedang mencair hingga 0⁰C.
  • Skala kelvin, dimulai dari suhu nol mutlak yang nilainya sama dengan -273, 150⁰C, untuk suhu air mendidih sama dengan 373,15 K dan es mencair sama dengan 273,15K.
  • Skala reamur, menggunakan titik 80 derajat untuk air mendidih dan 0 derajat untuk es mencair. Skala reamur mempunyai rentang suhu antara 0⁰R – 80⁰R.
Tabel Pintar Rumus Konversi Suhu 

Konversi Suhu Online dan Rumus Konversi Satuan Suhu - Advernesia


Agar lebih mudah memahaminya, yuk baca Rumus konversi suhu tiap skala beserta contoh soalnya.

Posting Komentar

0 Komentar

Post yang ingin diketahui